Senin, 04 Februari 2013

Allah atau Alloh ? yang mana yang kau yakini ?

kali ini postingan gue rada serius ini masalah agama,keyakinan,kepercayaan. gue seorang muslim dan tentunya gue punya Tuhan. kadang gue dilema saat nyebut nama Tuhan. Allah atau Alloh ? secara pribadi gue sendiri lebih sering nulis Alloh. tapi kalau untuk publik Allah. Secara EYD yang diakui adalah Allah. tapi kalo di kritisi gue lebih setuju make Alloh ! karena itu jadi suatu pembedaan dengan umat nasrani. tapi ya itu kan bagi gue tentu beda bagi sebagian orang. bagi orang awam ya mungkin mereka fine-fine aja gimanapun tulisannya. rata-rata bahasa arab kalo udah ke Indonesia latinnya bakal berubah dari cara ngebacanya yang o bakalan jadi a kalo udah nyampe indonesia.
rekomendasi aja sih nih silahkan baca dan nalar sendiri : 

http://tantodikdik.multiply.com/journal/item/103/Ditulis-ALLOH-ataukah-ALLAH

http://abisyakir.wordpress.com/2008/06/09/pilih-tulisan-%E2%80%9Callah%E2%80%9D-atau-%E2%80%9Calloh%E2%80%9D%E2%80%A6/


kesimpulan dari gue pribadi sih baik itu Allah/Alloh bedanya hanya terletak di a dan o. kalau secara latin memakai a dan pelafalannya menggunakan o. bagi sebagian orang yang menggunakan o (termasuk saya) memakai o memudahkan untuk memberikan pembedaan kepada agama lain dan secara pelafalan jadinya sama dengan tulisannya. jadi ngga sulit kalo mau bilang Alloh. tapi sebagian besar masih sangat tabu dan awam orang-orang terhadap kata Alloh. itu sering gue alami sehari-hari. bahkan ada komentar yang bagi gue "kok gini banget" dari satu temen gue waktu gue nulis insyaAlloh bukan insyaAllah. trus dia bilang "Alloh tuhan baru loe ?" dalam hati gue sih ya ginilah kalo jadi orang yang mempunyai perbedaan persepsi. nah sebenarnya sih gimana kita ngeyakininya aja. sampai sekarang gue belum menemukan titik terang dari kerancuan ini. masing-masing orang punya persepsi yang berbeda dan argument-argument yang kuat. sekarang gue kalo didepan publik (orang banyak) ya make Allah. tapi untuk pribadi tetep aja make Alloh.

gue cuman sharing, yang ngambil keputusan gimana selanjutnya adalah loe loe semua. so,jangan bingung karena Tuhan hanya perlu kita yakini dan taati perintahnya dan jauhi larangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar