Sabtu, 06 Oktober 2012

A atau S ?


Ok,kali ini kita akan bahas tentang anak IPA sama anak IPS. Apa sih yang ngebedain anak ipa sama anak ips? Kenapa anak ipa kayaknya selalu diunggulin dan dibangga-banggain? Kenapa kalo anak baru nih mau bagi jurusan pasti milih ipa jarang banget yang dari hati milih ips. Kalopun milih ips itu pasti karena ngga bisa masuk ipa. Mari kita bahas.

* ipa dan ips itu SAMA
          Kalo ditanya “ lo jurusan apa?” dengan bangga “gue ipa dong! “ dengan tegas banyak anak yang melakukan dialog seperti itu kalo udah bagi jurusan. Guru-guru juga gitu tuh,nyaranin ipa ipa ipa ipa ! emang ada apa sih sama ipa?
Katanya ipa itu bagus. Kalo mau kuliah ntar bisa masuk sana masuk sini dengan mudahnya. Kalo ipa tuh kesannya anak pinter. Dan ada beberapa orang yang meneliti untuk kasus anak ipa ini menyatakan bahwa sebagian anak ipa memilih ipa karena faktor gengsi,karena orang tua,dan ada pula yang beralasan untuk cita-cita. Kalo cita-cita sih wajar. Masa mau jadi dokter ngambil jurusan ips? Aneh kali yee.. kalo yang beralasan gengsi,emang gengsi itu penting banget ya? Kalo dipaksa sama orang tua?berarti tu ortu lu belum melaksanakn demokrasi dalam keluarga. Seharusnya nih ya,kalo bagi jurusan lo mikir deh 6 bulan sebelum bagi jurusan. Lo cari tahu seluk beluk tuh jurusan yang ada di sekolah lu. Kalo gue nulis ini Cuma ipa ama ips,lah cuman itu yang ada disekolah gue. Nah setelah lo cari tahu seluk beluk pembelajaran jurusan disekolah lo,baru lo mikir DIMANA KEMAMPUAN LO. Ngga usah muna kali zaman sekarang percuma kalo lo masuk ipa tapi otak lo terbatas. Emang sih itu ngebuat lo lebih bersaing. Orang bisa kenapa lo ngga? Nah pasti semboyan itu yang keluar. Tapi lo harus sadar masbro mbabro,dimana kemampuan lo. Gimana kesiapan lo kalo seandainya lo masuk ipa dengan otak terbatas,selama pembelajaran lo bosan dan nyontek juga tiap hari,gimana lo nanti UAN,emang temen lo pasti mau gitu ngasih lo jawaban? Ntar lo UAN ada cctv gimana tuh? Ngga bisa nenggok kanan kiri? Endingnya lo ngga lulus deh. Nah itu adalah bayangan terburuk. Tapi saran gue ya itu : sadar atas kemampuan lo,observasi pembelajarannya,dan diskusi sama ortu lu. Tanpa persetujuan ortu juga ngga akan bagus hasilnya.
IPS : nah orang sering ngbilang kalo milih ips itu nyerah duluan. SALAH woy! Sebagian orang milih ips karena dia sadar dimana kemampuannya. Gimana dirinya. Dan apa yang mendasarinya untuk memilih ips-pun pasti kuat. Sebagian lagi jadi anak ips karena ngga mencukupi nilainya masuk ipa. Jadilah anak ips sering disebut anak sisa. Anak buangan. Kumpulan anak yang otaknya pas-pas-an. Emang kenyataan sih sebagian ada yang gitu. Tapi nyatanya selama ini ipa ips berimbang aja tuh. Banyak orang juga yang takut milih ips karena dibilang “kalo masuk ips,ntar masuk kuliahnya susah” SALAH banget tuh opini. Zaman sekarang ada ya pembedaan yang spesifik sama jurusan. Kalo ipa aja gitu yang diterima. Ips aja gitu? Ngga ada kali. Itu namanya ngga adil. Sekarang tuh,.mau lo jurusan ips tapi kuliahnya perawat yang notabene harusnya jurusan ipa juga banyak yang lulus. Jangan berpikiran ips tuh kalah gengsi. Dan kalo kuliah nanti susah.
Pada dasarnya entah itu ipa atau ips semua pilihan masing-masing. Semua punya alasan yang kuat yang mendasari mengapa memilih jurusan tersebut. Ipa ips sama saja,SAMA-SAMA BELAJAR. Yang membedakan hanyalah huruf A dan S ! di ipa tentunya akan lebih banyak belajar tentang alam. Dan di ips akan belajar sosial yang menyankut ekonomi dan teman-temannya. Ipa ataupun ips sama : setara. Tinggal bagaimana lo ngejalanin-nya aja. Seandainya lo serius pasti lo akan dapat hal yang positif,yang baik-baik! Dan lo akan berhasil dimanapun jalan lo,entah itu ipa atau ips.
Disini gue cuman mau negasin kalo ngga ada pembedaan antara ipa dan ips,semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dari pembelajarannya. Jadi,pilihlah jurusan yang berdasarkan skill lo,hati lo,dan orang tua lo tentunya.
Ok,sampe disini aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar